Tugas Sistem Informasi Akuntansi
SISTEM INFORMASI
AKUNTANSI (SIA)
Disusun oleh:
Marlutfianto Tri Putra
36114421
UNIVERSITAS GUNADARM
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
(FIKTI)
16 OKTOBER 2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang maha
pengasih lagi maha penyayang. Karena berkat rahmat dan hidayah-Nya. Kami bisa
menyusun dan menyajikan Makalah Sistem Informasi Akutansi ini yang
berisi tentang penjabaran Sistem Informasi Akutansi sebagai tuas kuliah. Tak
lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu
hingga makalah ini selesai sibuat.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan
Makalah Sistem Informasi Akutansi ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh
dari kesempurnaan. Oleh karna itu, penulis mengharapkan keritik serta saran
yang membangun guna menyempurnakan makalah ini dan dapat menjadi acuan dalam
menyusun makalah-makalah atau tugas-tugas selanjutnya.
Penulis juga memohon maaf apabila dalam
penulisan makalah Sistem Informasi Akutansi ini terdapat kesalahan pengetikan
dan kekeliruan sehingga membingungkan pembaca dalam memahami maksud penulis.
Depok, 16 Oktober 2016
Marlutfianto Tri Putra
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL..............................................................................................
1
KATA
PENGANTAR............................................................................................
2
DAFTAR
ISI........................................................................................................... 3
BAB.I. PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang..................................................................................
4
1.2
Rumusan Masalah..............................................................................
4
BAB.II. PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Sistem Informasi Akuntansi (SIA)..................................
5
2.2
Konsep Sistem Informasi Akutansi (SIA) ........................................
8
2.3.
Tugas Pengolahan Data ...................................................................
10
2.4.
Contoh Sistem Pengolahan Data/ SIA Pemasaran ........................ 12
2.5.
Peranan Pemroses Data dalam memecahankan Masalah ............... 14
BAB.III. PENUTUP
3.1
Kesimpulan...................................................................................... 15
DAFTAR
PUSTAKA........................................................................................... 16
BAB. I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Informasi dari suatu perusahaan, terutama
Informasi keuangan dibutuhkan oleh berbagai macam pihak yang berkepentingan.
Pihak-pihak diluar perusahaan, seperti kreditur, calon investor, kantor pajak,
dan lain-lain memerlukan Informasi ini dalam kaitannya dengan kepentingan
mereka. Di samping itu, pihak intern yaitu manajemen juga memerlukan Informasi
untuk mengetahui, mengawasi, dan mengambil keputusan-keputusan untuk
menjalankan perusahaan.
Untuk memenuhi kebutuhan Informasi bagi pihak
luar maupun dalam perusahaan disusun suatu sistem akuntansi. Sistem ini
direncanakan untuk menghasilkan Informasi yang berguna bagi pihak luar maupun
dalam perusahaan. Sistem akuntansi yang disusun untuk suatu perusahaan dapat
diproses secara manual (tanpa mesin-mesin pembantu) atau proses dengan
menggunakan mesin-mesin mulai dari mesin pembukuan yang sederhana sampai denagn
computer.
Sistem Informasi akuntansi salah satu sistem
Informasi diantara berbagai sistem yang digunakan oleh manajemen dalam
mengelola perusahaan. Sistem ini merupakan subsistem Informasi manajemen yang
mengelola data keuangan menjadi Informasi keuangan untuk memenuhi kebutuhan
pemakai intern maupun pemakai ekstern.
1.2. RUMUSAN MASALAH
1. Apakah pengertian Sistem Informasi Akuntansi?
2. Apakah pengertian dari Pengolahan Data ?
3. Apa saja tugas dari Pengolahan Data? Jelaskan
!
4. Apa saja tugas dari Pengolahan Data/ Sistem
Informasi Akutansi(SIA) ? Jelaskan !
5. Apakah Peranan Pemroses Data dalam Memecahkan
Masalah ? Jelaskan !
BAB. II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
(SIA)
Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu sistem
dalam sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk penyiapan Informasi yang
diperoleh dari pengumpulan dan pengolahan data transaksi yang berguna bagi
semua pemakai baik di dalam maupun di luar perusahaan.
Sistem Informasi Akuntansi juga dapat diartikan
sebagai kumpulan kegiata-kegiatan dari organisasi yang bertanggung jawab untuk
menyediakan Informasi keuangan dan Informasi yang didapatkan dari transaksi
data untuk tujuan pelaporan internal maupun eksternal perusahaan.
Sistem Informasi Akuntansi menyiapkan
informasi bagi manajemen dengan melaksanakan operasi-operasi tertentu atas
semua data sumber yang diterimanya dan juga mempengaruhi hubungan organisasi
perusahaan dengan lingkungan sekitarnya.
Sebagai sistem informasi akuntansi merupakan
suatu sistem yang bertugas mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan
perusahaan, mengubah data tersebut menjadi informasi serta menyediakan
informasi bagi pemakai di dalam maupum di luar perusahaan. Selain itu sistem
informasi akuntansi adalah satu – satunya CBIS(Computer Based Information
System) yang bertanggung jawab memenuhi
kebutuhan informasi di luar perusahaan.
Informasi akuntansi berhubungan
dengan suatu fungsi yang bertanggung jawab terhadap arus dana kedalam
perusahaan, dana diperlukan untuk mendukung kegiatan pemasaran, manufaktur dan
kegiatan lainnya maka dari itu sangat perlu mengontrol semua arus dana agar
penggunaannya bisa efektif.
Banyak pihak berkepentingan terhadap informasi
keuangan suatu perusahaan. Jika dikategorikan ada dua kelompok besar yang
sangat berkepentingan yaitu pihak eksternal dan internal. Keduanya mempunya
peranan yang kuat dalam menentukan pertumbuhan perusahaan , terutama pihak
internal yang terlibat langsung pada pengelolaan keuangan. Informasi yang
dihasilkan oleh pihak internal perusahaan di gunakan sebagai pendukung dalam
kegiatan perusahaan sehari – hari dan pendukung dalam proses pengambilan
keputusan.
Informasi Akuntansi yang dihasilkan oleh SIA dibedakan menjadi
2, yaitu :
- informasi akuntansi keuangan, Informasi yang berbentuk laporan
keuangan yang ditujukan kepada pihak external.
- Informasi Akuntansi Manajemen, informasi yang berguna bagi manajemen
dalam pengambilan keputusan.
Unsur-unsur yang dapat mempengaruhi penerapan SIA dalam perusahaan
:
Analisa Perilaku
Setiap sistem yang tertuangkan dalam kertas
tidak akan efektif dalam penerapannya kecuali seorang akuntan dapat mengetahui
kebutuhan akan orang-orang yang terlibat dalam sistem tersebut.
Akuntan tidak harus menjadi seorang psikolog,
tapi cukup untuk mengerti bagaimana memotivasi orang-orang untuk mengarah
kepada kinerja perusahaan yang positif.
Selain itu juga seorang akuntan harus
menyadari bahwa setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda-beda dalam
menerima suatu informasi, sehingga informasi yang akan diberikan dapat didesain
dan dikomunikasikan sesuai dengan perilaku (behavior) para pengambil keputusan.
Metode Kuantitatif
Dalam menyusun informasi, seorang akuntan
harus menggunakan metode ini untuk meningkatkan efektifitas dan nilai dari
informasi tersebut.
Komputer
Pada beberapa perusahaan, komputer telah
digunakan untuk menggantikan pekerjaan rutin seorang akuntan, sehingga
memberikan waktu yang lebih banyak kepada akuntan untuk dapat terlibat dalam
proses pengambilan keputusan.
Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara
lain :
1. Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
2. Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam
proses pengambilan keputusan.
3. Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Sebuah SIA menambah nilai dengan cara:
1. Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat
melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
2. Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang
dihasilkan
3. Meningkatkan efisiensi
4. Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
5. Meningkatkan sharing knowledge
6. menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mempelajari SIA :
- Bagaimana mengumpulkan data dan mengkaitkannya
dengan aktivitas organisasi/perusahaan.
- Bagaimana caranya menyalurkan data, informasi
sehingga berguna bagi pengambilan keputusan
- Bagaiaman caranya menjamin realbilitas,
keakuratan dan kecepatan data dan informasi yang disajikan.
Perbedaan utama Sistem Informasi Akuntansi dan
Sistem Informasi Manajemen terletak pada ruang lingkup, yaitu sistem Informasi
manajemen mencakup semua data yang terdapat dalam organisasi, semua aktivitas
pengolahan di dalam organisasi dan seiring Informasi yang digunakan oleh
orang-orang dalam organisasi. Sistem Informasi akuntansi hanya meliputi jenis
data dari Informasi tertentu. Dengan kata lain, sistem Informasi akuntansi
merupakan subsistem Informasi manajemen di dalam suatu organisasi.
Sistem
Informasi akuntansi merupakan subsistem Informasi yang paling banyak menembus
dan seiring paling besar dalam organisasi perusahaan. Dalam banyak organisasi,
sistem Informasi akuntansi merupakan salah satunya sistem Informasi yang
dibentuk secara formal.
2.2. KONSEP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)
DEFINISI SIA
Sebuah sistem informasi yang merubah data transaksi bisnis
menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya.
TUJUAN SIA
- Mendukung operasi-operasi sehari-hari
- Mendukung pengambilan keputusan manajemen
- Memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggungjawaban
KOMPONEN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
- Orang-orang yang mengoperasikan sistem tersebut
- Prosedur-prosedur, baik manual maupun
terototomatisasi yang dilibatkan dalam mengumpulkan, memproses dan menyimpan
data tentang aktivitas-aktivitas organisasi
- Data tentang proses-proses bisnis
- Software yang dipakai untuk memproses data organisasi
- Infrastruktur teknologi informasi
FUNGSI SIA DALAM ORGANISASI
- Mengumpulkan dan menyimpan aktivitas yang dilaksanakan disuatu
organisasi, sumber daya yang dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas tersebut dan
para pelaku dalam aktivitas tersebut
- Mangubah data menjadi informasi yang berguna bagi pihak
manajemen
- Menyediakan pengendalian yang memadai
AKTIVITAS DALAM RANTAI NILAI ORGANISASI
- Inbound Logistics : penerimaan, penyimpanan dan distribusi
bahan-bahan masukan
- Operasi : aktivitas untuk mengubah masukan menjadi barang dan
jasa
- Outbound Logistics : distribusi produk ke pelanggan
- Pemasaran dan Penjualan
- Pelayanan : Dukungan purna jual dan maintenance
AKTIVITAS PENDUKUNG ORGANISASI
- Infrastruktur Perusahaan : akuntansi, hukum, administrasi umum
- Sumber Daya Manusia : perekrutan,
pengontrolan, pelatihan dan kompensasi kepada pegawai
- Teknologi : Peningkatan produk dan jasa (penelitian)
- Pembelian
RANTAI SUPLAY
- Bahan Mentah Pemasok
- Pabrik
- Distributor
- Pengecer
- Konsumen
DATA
1. Data mengarah pada fakta-fakta yang kita
kumpulkan, simpan dan proses dengan sistem informasi
2. Misal untuk penjualan, data yang perlu dikumpulkan adalah:
– Fakta mengenai kejadian-kejadian (tanggal
penjualan, jumlah, dll)
– Sumber data (identitas barang dan jasa,
harga per unit, dll)
– Para pelaku (identitas pelanggan dan
penjual produk)
INFORMASI
1. Data yang telah diatur dan diproses untuk memberikan arti
2. Karakteristik informasi yang berguna:
– Relevan
– Andal
– Lengkap
– Tepat waktu
– Dapat dipahami
– Dapat diverifikasi
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
1. Langkah Pengambilan Keputusan:
– Identifikasi Masalah
– Pemilihan metode pemecahan masalah
– Mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk
melaksanakan model keputusan tersebut
– Mengimplementasikan model tersebut
– Mengevaluasi sisi positif dari tiap
alternatif yang ada
– Melaksanakan solusi terpilih
2.3.TugasPengolahanData
1.Pengumpulan Data
Pada pengumpulan data, sistem pengolahan data mengumpulkan data yang menjelaskan setiap tindakan internal perusahaan dan transaksi lingkungan perusahaan.
2.Perubahan Data / Manipulasi Data
Perubahan data / Manipulasi data adalah proses pengolahan data menjadi informasi yang lebih berguna.
1.Pengumpulan Data
Pada pengumpulan data, sistem pengolahan data mengumpulkan data yang menjelaskan setiap tindakan internal perusahaan dan transaksi lingkungan perusahaan.
2.Perubahan Data / Manipulasi Data
Perubahan data / Manipulasi data adalah proses pengolahan data menjadi informasi yang lebih berguna.
Manipulasi Data ;
Operasi Manipulasi data meliputi :
v Pengklasifikasian
Setiap karyawan digolongkan menurut
departemen.
v Pengurutan
Catatan-catatan disusun sesuai urutan tertentu
berdasarkan kode atau elemen data.
v Perhitungan
Melakukan perhitungan dalam pembayaran gaji
karyawan.
v Pengikhtisaran
Banyak data yang perlu disarikan menjadi
bentuk total, subtotal, dan rata-rata.
3.Penyimpanan Data
Data disimpan pada media penyimpanan sekunder dan file dapat diintegrasikan secara logis untuk membentuk suatu database. Sebagian besar dat dalam database adalah data akuntansi.
4.Penyiapan Dokumen
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) menghasilkan output untuk perorangan dan organisasi baik di dalam dan di luar perusahaan. Umumnya, output berbentuk dokumen tercetak. Namun, semakin banyak pemakai menggunakan tampilan layar. Output pada SIA dipicu oleh 2 hal:
- Oleh
suatu tindakan, output dihasilkan jika sesuatu terjadi.
- Oleh
jadwal waktu, output dihasilkan pada saat tertentu.
5.Pembuatan Dokumen
Dokumentasi adalah kumpulan dari dokumen-dokumen. Dokumen
dokumen dalam dokumentasi system informasi akuntansi berisi tulisan berbentuk
uraian (narative), formulir, flowchart, diagram dan tulisan lainya menjelaskan
bagaimana system bekerja. Informasi yang terkandung dalam dokumentasi harus
dapat menjelaskan tentang apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana data
dimasukkan, diproses, disimpan, informasi dikeluarkan serta didistribusikan,
dan system dikendalikan. Karena diagram dapat merespresentasikan ribuan kata
maka para pengembang system informasi akuntansi lebih suka menggunaka diagram
seperti flowchart, Data flow digram,Entiti
Relationsiptori adalah tempat dimana dokumen-dokumen / dokumentasi ,
program yang berklaiatan dengan aplikasi dan projek disimpan. Tempat
penyimpanan dokumen ini sangat membantu seorang analisis system untuk selalu
dapat berhubungan dengan system informasi akuntansi suatu perusahaan baik secara
keseluruhan atau perbagian secara mendetail.
Peranan teknik pendokumentasian sebenarnya
tergantung dari jenis pekerjaan, teknik pendokumentasi memiliki peranan panting
dalam hal berikut ini:
1. Sebuah sistem beropersi dapat terbaca dari
dokumentasi yang tersedia.
2. Dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan
dokumentasi sistem pengendalian internal dan dapat menentapkan apakah sistem
tersebut memenuhi kebutuhan perusahaan.
3. Sebuah sistem berfungsi secara optimal,
apabila sistem tersebut dapat secara mudah dimengerti prosedurnya oleh orang
lain dan dalam pengembangan sistem baru harus menunjukkan sistem pengendalian
internalnya
6. Sifat
Pengolahan Data
Ada beberapa sifat pengolahan data yang membedakannya dengan area apliksi yang lain.Pengolahan data menjalankan tugas yang penting
Pengolahan data adalah aktivitas yang diperlukan.
Mengikuti prosedur standar secara relative.
Peraturn dan latihan yang diterima menguraikan atau menerangkan cara pengolahan data yang akan dilakukan.
Menghimpun data yang detail atau lengkap.
Karena record pengolahan data menggambarkan aktivitas perusahaan secara lengkap, maka ia akan jadi alat untuk merekontruksi kembali tindakan/transaksi tersebut secara urut jika record diperlukan. Kronologi itu disebut dengan audit trail.
Mempunyai fokus historis yang paling utama.
Memberikan informasi pemecahn masalah mini.
2.4. Contoh Sistem pengolahan data / Sistem Informasi Akuntansi pada sistem pemasaran
"Sistem Distribusi"
Sistem Distribusi memiliki 3 SubSistem utama, yaitu:
1. SubSistem pesanan pelanggan: Subsistem yang menangani order dari pelanggan.
-Pemasukan Pesanan
- Edit data pesanan
- Menghitung pemeriksaan kredit
- Log pemesanan
- Menandai pesanan yang telah
dipenuhi
-Persediaan
- Memeriksa saldo persediaan
- Memeriksa titik pemesanan
kembali
- Menambahkan jenis barang yang
diterima
- Menyediakan data buku besar
-Penagihan
- Mendapatkan data pelanggan
- Menyipkan Faktur
-Piutang Dagang
- Menambah piutang baru &
menghapus piutang yang telah dibayar
- Menyediakan data buku besar
2. SubSistem pemesanan stok tambahan: Subsistem yang menangani perubahan dalam sediaan dan memberikan informasi pengiriman dan pemesanan kembali.
-Pembelian
- Memilih
pemasok
- Mendapat
komitmen lisan
- Menyiapkan
pesanan pembelian
- Menutup
pesanan pembelian
-Penerimaan
- Proses
penerimaan
- Memberitahukan
system lain
-Hutang dagang
- Membuat
cacatan hutang pada pemasok
- Membayar
pada pemasok
- Meghapus
hutang yang telah dibayar
- Menyediakan
data buku besar
3. SubSistem proses buku besar
Subsistem ini mengkonsolidasikan data dari sistem akuntansi yang lain dan menghasilkan pernyataan-pernyataan dan laporan bisnis yang bersifat periodik.
2.5. Peranan pemrosesan data dalam memecahkan masalah
- Menghasilkan
output-output informasi dalam bentuk laporan akuntansi standar, yang
sangat berguna danpenting dalam area keuangan dan pada tingkat manajemen
puncak.
- Sistem
informasi Akuntansi (SIA) menyediakan Database yang lengkap yang dapat
digunakan dalam pemecahan masalah. Database ini menyediakan banyak input
bagi subsistem CBIS( Computer BasedInformation
System) lain
(terutama SIM dan DSS).
BAB. III
PENUTUP
3.1. KESIMPULAN
Sistem
Informasi Akuntansi adalah suatu sistem yang bertugas mengumpulkan data dari
kegiatan-kegiatan perusahaan dan mengubah data tersebut menjadi Informasi serta
menyediakan Informasi bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan.
Cara kerja SIA adalah semua sumber data baik yang berasal dari
dalam maupun dari luar perusahaan dikumpulkan menjadi satu dan diubah ke dalam
bentuk database. Setelah itu semua data yang telah berbentuk database, diubah
dengan menggunakan perangkat lunak menjadi sebuah Informasi yang lebih
bermanfaat bagi semua pemakai Informasi. Kemudian data yang telah diubah
menjadi Informasi disampaikan ke semua pemakai yang membutuhkan, seperti
manajemen dan pemakai intern maupun pemakai ekstern
perusahaan.
Konsep Peengolahan Data SIA meliputi :SIA melakasanakan tugas
yang diperlukan, berpegang pada prosedur yang relatif standar, menangani data
terinci, berfokus histories, menyediakan informasi dan pemecahan masalah.
Tugas Pengolahan data dalam SIA yaitu :Pengumpulan data,
manipulasi data, penyimpanan data, penyiapan dokumen.
Contoh Dari Sistem Pengolahan Data/ Sistem Informasi
Akutansi SIA yaitu : Subsistem Distribusi Yang di bagi menjadi 3 (
subsistem pesanan pelanggan, subsistem pemesan stok tambahan, dan subsistem
buku besar).
Peranan pemroses data
dalam memecahkan masalah dibagi menjadi 2, yaitu :
· Menghasilkan output-output informasi dalam
bentuk laporan akuntansi standar, yang sangat berguna danpenting dalam area
keuangan dan pada tingkat manajemen puncak.
· Sistem informasi Akuntansi (SIA) menyediakan
Database yang lengkap yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah. Database
ini menyediakan banyak input bagi subsistem CBIS( Computer
BasedInformation System) lain (terutama SIM dan DSS).
Tambahan pengertian
CBSI, SIM dan DSS :
Computer Based Information System (CBIS)
Sistem
Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information
System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah
informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang
mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan
analisis.
Peran SIA Dalam CBIS
• SIA menghasilkan beberapa output informasi dalam bentuk laporan akuntansi standar.
• SIA menyediakan database yang lengkap untuk digunakan dalam pemecahan masalah.
SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN (SIM)
Adalah suatu sistem berbasis database komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.
Adalah suatu sistem berbasis database komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa.
SISTEM PENDUKUNG
KEPUTUSAN (Decision Support System)
Dalam upaya memecahkan masalah seorang problem solver akan banyak membuat keputusan. Keputusan harus diambil untuk menghindari atau mengurangi dampak negatif atau untuk memanfaatkan peluang.
Dalam upaya memecahkan masalah seorang problem solver akan banyak membuat keputusan. Keputusan harus diambil untuk menghindari atau mengurangi dampak negatif atau untuk memanfaatkan peluang.
DAFTAR PUSTAKA
· http://superfects.blogspot.com/2012/01/sistem-informasi-akuntansi-sia.html#sthash.JekjwsPJ.dpuf
Comments
Post a Comment